tag:blogger.com,1999:blog-17880057721791752802024-03-13T20:15:08.558-07:00PERANAN GURU DI SEKOLAH DALAM MASYARAKATkholid saputrahttp://www.blogger.com/profile/11079649941226671105noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-1788005772179175280.post-90096921674255214732011-05-22T01:43:00.000-07:002011-12-26T21:33:23.540-08:00PERANAN GURU DI SEKOLAH DALAM MASYARAKAT<div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
<div style="background-color: #6fa8dc;">
BAB I</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
PENDAHULUAN</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Sejalan dengan tantangan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan professional. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik. Guru dimasa mendatang tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang palaing well informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang sedang tumbuh,berkembang,berinteraksi dengan manusia di jagat raya ini. Di masa depan,guru bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah peserta didiknya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Jika guru tidak memahami mekanisme dan pola penyebaran informasi yang demikian cepat,ia akan terpuruk secara professional.Kalau hal ini terjadi,a akan kehilangan kepercayaan baik dari pesrta didik,orang tua maupun masyarakat. Untuk menghadapi tantangan profesionalitas tersebut,perlu berfikir secara antisipatif dan proaktif.Artinya guru harus melakukan pembaruan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya secara terus menerus. Disamping itu,guru masa depan harus paham penelitian gina mendukung terhadap efektifitas pengajaran yang dilakanakannya,sehingga dengan dukungan hasil penelitian guru terjebak pada praktek pengajaran yang menurut asumsi mereka sudah efektif,namun kenyataan justru mematikan kreatifias para peserta didiknya. Begitu juga,dengan dukungan hasil penelitian yang mutakhir memungkinkan guru untuk melakukan pengajaran yang berfariasi dari tahun ke tahun,disesuaikan dengan konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sedang berlangsung.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
BAB II</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
PEMBAHASAN</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Peran Guru Disekolah dalam Masyarakat</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
A. Pengertian</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Peran guru sebagai pendidik (nurturer) merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas membri bantuan dan dorongan (supporter) tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Tugas-tugas ini berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lebih lanjut seperti penggunaan kesehatan jasmani,bebas dari orang tua,dan orang dewasa lain,moralitas dan tanggung jawab kemasyarakatan,pengetahuan dan keterampilan dasar,persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga,pemilihan jabatan dan hal-hal yang bersifat personal dan spiritual.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Oleh karena itu tugas guru dapat disebut pendidik dan pemelihara anak. Guru sebagai penanggung jawab pendisiplinan anak harus mengontrol setiap aktifitas anak-anak agar tingkah laku anak tidak menyimpang denan norma-norma yang ada.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
B. Macam-Macam Peran Guru Dalam Pendidikan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
1. Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Setip anak mengharapkan guru mereka dapat menjadi contoh atau model baginya. Oleh Karena itu tingkah laku pendidik baik guru, orang tua atau tokoh-tokoh masyarakat harus sesuai dengan norma-nora yang dianut oleh masyarakar, bangsa dan Negara. Karena nilai dasar Negara dan bangsa Indonesia adalah Pancasila,maka ingkah laku pendidik harus selalu diresapi oleh nilai-nilai pancasila</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
2. Peran guru sebagai pengajar dan pembimbing dala pengalaman belajar </div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Setiap guru harus memberikan pengetahuan,keterampilan dan pengalaman lain diluar fungsi sekolah seperti persiapan perkawinan dan kehidupan keluarga, hasil belajar yang berupa tingkah laku pribadi dan spiritual dan meilih pekerjaan di masyrakat, hasil belajar yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial tingkah laku social anak. Kurikulum harus berisi hal-hal tersebut di atas sehingga anak memiliki pribadi yang sesuai dengan nlai-nilai hidup yang dianut oleh bangsa dan negaranya, mempunyai pengetahuan dan keterampilan dasar untuk hidup dalam masyarakat dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuannya lebih lanjut.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
3. Peran guru sebagai pelajar (leamer)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Seorang guru dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar supaya pengetahun dan keterampilan yang dikuasai tidak hanya terbatas pada pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan tugas professional, tetapi juga tugas kemasyarakatan maupun tugas kemanusiaan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
4. Peran guru sebagai setiawan dalam lembaga pendidikan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Seorang guru diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan kemampuannya. Bantuan dapat secara langsung melalui petemuan-pertemuan resmi maupun pertemuan insidental.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
5. Peranan guru sebagai komunikator pembangunan masyarakat</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang yang sedang dilakukan. Ia dapat mengembangkan kemampuannya pada bidang-bidang yang dikuasainya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
6. Guru sebagai administrator</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Seorang guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga sebagai administrator pada bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu seorang guru dituntut bekerja administrasi teratur. Segala pelaksanaan dalam kegiatannya proses belajar mengajar perlu diadministrasikan secara baik. Sebab administrasi yang dikerjakan seperti memmbuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharaga bahwa ia telah melaksanakan tugasnya dengan baik.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Dalam era kemandirian sekolah danera Manajemen Berbasis sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif,dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakat luas penggunanya. Agar tugas dan tanggung jawab para pimpinan sekolah tersebut menjadi nyata,kiranya mereka perlu memahami,mendalami,dan menerapkan beberapa konsep ilmu manajemen yang dewasa ini telah dikembang mekarkan oleh pemikir-pemikir dfalam dunia bisnis.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
C. Peran Guru Dalam Proses Pendidikan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Efektifitas dan efisien belajar individu disekolah sangat bergantung kepada peran guru. Seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai:</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
a. Konservator (Pemelihara)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Sistem nilai yang merupakan sumber norma kecerdasan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
b. Inovator (Pengembang)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Sistem ilmu pengetahuan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
c. Transmitor (Penerus)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
d. Transformator (Penterjemah)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Sistem-sistem nilai tersebutmelalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya dalam proses interaksi dengan sasaran didik.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
e. Organisator (Penyelenggara)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan,baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral(kepada sasaran didik,serta Tuhan yang menciptakannya).</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
D. Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Peserta Didik</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
a. Guru sebagai perencana (Planner)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yang harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan didalam proses belajar mengajar</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
b. Guru sebagai pelaksana (Organizer)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yang harus dapat menciptakan situasi,memimpin,merangsang,menggerakan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana,, dimana ia bertindak sebagai orang sumber,konsultan kepemimpinan yang bijaksana dalam arti demokratik dan humanistic (manusiawi)selama proses berlangsung.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
c. Guru sebagai penilai (Evaluator)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yang harus mengumpulkan,menganalisa,menafsirkan,dan akhirnya harus memberikan pertimbangan,atas tingkat keberhasilan proses pembelajaran,berdasarkan criteria yang ditetapkan,baik mengenai aspek keefektipan prosesnya maupun kulifikasi produknya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
d. Guru sebagai Pembimbing (Teacher Ccounsel)</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Dimana guru dituntut untuk mampu mengidentifikasi peserta didik yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar,dan kalau masih dalam batas kewenangannya,harus membantu pemecahannya (remedial teaching).</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
E. Peran Guru Di Sekolah, Kelurga, Dan Masyarakat</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Disekolah guru berperan sebagai perancang pembelajaran,pengelola pembelajaran,penilai hasil pembelajaran peserta didik,pengarag pembelajaran,dan pembimbing peserta didik. Sedangkan dalam kelurga,guru berperan sebagaipendidik dalam keluarga (pamily educator). Sementara itu dimasyarakat,guru berperan sebagai Pembina masyarakat (social developer),agen masyarakat (socil masyarakat). Lebih jauh dikemukakan pula tentang peranan guru yang berhubungan dengan aktivitas pengajaran an adminisrasi pendidikan,diri pribadi,dan dari sudut pandang psikologis. Dalam hubungannya dengan aktivitas pembelajaran dan administasi pendidikan,guru berperan sebagai:</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
1. Pengambil inisiatif,pengarah dan penilai pendidikan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
2. Wakil masyarakat disekolah</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru berperan sebagai pembawa suara an kepentingan masyarakat dalam pendidikan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
3. Seorang pakar alam bidangnya</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu mengusai bahan yang harus dikerjakannya</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
4. Penegak disiplin</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaituguru harus menjaga agar para peserta didik melaksanakan disiplin</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
5. Pelaksana administrasi pendidikan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu guru bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
6. Pemimpin generasi muda</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru bertanggung jawab untuk mengarahkan perkembangan peserta didik sebagai generasi muda yang akan menjadi pewaris masa depan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
7. Penterjemah kepada masyarakat</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu guru berperan untuk menyampaikan berbagai masyarakat.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Dipandang dari segi diri pribadinya,seorang guru berperan sebagai :</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
a. Pekerja sosial</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu seorang yang harus memberikan pelayanan pelayanan kepada masyarakat.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
b. Pelajar dan ilmuan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu seorang yang harus senantiasa belajar secara terus menerus untuk mengembangkan penguasaan keilmuannya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
c. Orang Tua</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru adalah wakil dari orang tua peserta didik bagi setiap peserta didik disekolah</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
d. Model Keteladanan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru adalah model perilaku yang harus dicontoh oleh para peserta didik.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
e. Pemberi keselamatan bagi setiap peserta didik</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Peserta didik diharapkan akan merasa aman berada dalam didikan gurunya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Dipandang dari sudut secara biologis,guru berperan sebagai;</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
a. Pakar psikologis pendidikan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru merupakan seorang yang memahami psikologi penidikan dan mampu mengamalkanya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
b. Seniman dalam hubungan antar manusia</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru adalah orang yang memiliki kemampuan menciptakan suasana hubungan antar manusia khususnya dengan para peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
c. Pembentuk kelompok</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Yaitu mampu membentuk menciptakan kelompok dan akivitasnya sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
d. Inovator</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Guru merupakan oran yang mampu menciptakan suatu pembaharuan bagi membuat suatu hal yang baik</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
e. Petugas kesehatan mental</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Artinya guru bertanggung jawab bagi terciptanya kesehatan mental para peserta didik</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
<br /></div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
BAB III</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
PENUTUP</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
A. Kesimpulan</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Guru di sekolah adalah pendidik,tugasnya membimbing dan mendampingi siswa agar kelak dapat hidup mandiri,sedangkan guru di Bimbel adalah pengajar,tugasnya member bimbingan yang ekstra atau lebih kepada siswa dapat menjawab soal dengan cepat dan tepat. Dalam KTSP, guru adalah inisiator,konseptor,planner dan programmer. Dengan kata lain,guru disekolah adalah pembimbing siswa agar belajar menurut bakat dan minatnya.</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Peran guru sebagai perncana (planner) pada tahap ini melakukan identifikasi masalah yang ada dikelas yang akan digunakan untuk kegiatan lesson study dan perencanaan alternatif pemecahannya,selanjutnya disusun dan dikemas dalam suatu perangkat pembelajaran yang terdiri atas:</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
a. Rencana pembelajaran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
b. Petunjuk pelaksanaan pambelajaran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
c. Lembar kerja siswa</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
d. Media atau alat peraga pembelajaran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
e. Instrumen penilaian pross hasil pembelajaran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
f. Lembar obserfasi pembelajaran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
B. Saran</div>
<div style="background-color: #6fa8dc;">
Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna,untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi penuli</div>
</div>kholid saputrahttp://www.blogger.com/profile/11079649941226671105noreply@blogger.com0